• SMKN 1 PADANG
  • MEMBERI YANG TERBAIK MENJADI YANG TERBAIK

PELEPASAN KELAS VOKASI PLN ANGKATAN KE-5 SMK NEGERI 1 PADANG

Padang, 18 Juli 2024 – Sebanyak 36 siswa kelas kerjasama PLN dengan SMK Negeri 1 Padang  telah berhasil menyelesaikan masa diklat dinyatakan siap diberangkatkan ke gardu-gardu PLN  selama 6 bulan ke depan.

Hari ini para siswa dilepas secara resmi oleh pihak staf pimpinan dan ketua pelaksana kelas PLN angkatan ke-5 setelah mereka mengikuti diklat kemarin. Para siswa ini telah menjalani pendidikan program studi teknologi listrik di pusdiklat lubuk Alung dan kelas  Vokasi SMK Negeri 1 Padang selama beberapa semester sebelumnya.

Ketua pelaksana kelas PLN bapak Irlandes menyatakan program kelas kerjasama dengan PLN Persero melalui Csr dibidang pendidikan salah satu program unggulan PLN dalam menjaring potensi-potensi terbaik anak bangsa agar bisa bergabung dengan PLN.

“Tujuan program kerjasama untuk mendapatkan tenaga kerja siap pakai dan serta implementasi link & match antara industri dengan perguruan tinggi,” ujar beliau.

Menurut bapak irlandes, dalam mengantisipasi perkembangan dunia ketenagalistrikan perlu didukung dengan SDM berkualitas yang sumbernya dari universitas dan kelas Vokasi seperti ini.

“PLN akan mencari tenaga kerja yang lebih spesifik dan siap pakai dengan bekal sertifikasi kompetensi. Kebutuhan PLN akan tenaga kerja siap pakai semakin banyak. 

Hal serupa diungkap pula oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Padang bahwa dengan program kerjasama ini menambah motivasi mahasiswa dalam mengembangkan kemampuan terbaik mereka karena merekalah yang akan menjadi pejuang ketenagalistrikan di masa depan.

“Saya tentunya berpesan kepada seluruh siswa agar tidak pernah berhenti belajar. Nilai  tinggi itu penting namun harus berbarengan dengan soft skill, harus seimbang. Dan yang terpenting jujur dan menerapkan nilai-nilai integritas” pesan Kepala sekolah di hadapan para siswa.

Bapak Delfauzul menambahkan bahwa ia berharap agar program kerjasama dengan PLN dapat ditingkatkan sampai pada proses perekrutan siswa kelas Vokasi ini ( PLN)

Seluruh siswa program kerjasama ini juga telah menjalani program PBM di semester 1-4 tentang dasar-dasar listrik tersebut dan dibekali oleh pusdiklat Lubuk Alung. Di beberapa unit PLN di wilayah Sumatera Barat Siswa-siswa kelas PLN akan menjalani magang Vokasi ini selama 6 Bulan . Hal ini bertujuan untuk menerapkan disiplin ilmu yang mereka dapatkan selama di Jurusan LIstrik SMK Negeri 1 Padang dan PUsdiklat Lubuk Alung serta adaptasi sebelum kelak nantinya bisa bergabung secara resmi dengan PLN dalam perekrutan.

Untuk Program Kerjasama, PLN bermitra dengan beberapa SMK dan Perguruan TInggi di Seluruh Wilayah Indonesia, dan Sumatera Barat Hanya diwakili SMK Negeri 1 Padang dan SMK Negeri 1 Bukittinggi.

#HUMAS SMK NEGERI 1 PADANG

#PUSAT INFORMASI DAN DOKUMENTASI

#SMK PUSAT KEUNGGULAN

#KELAS VOKASI

#PT. PLN PERSERO.CO.ID

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMKN 1 PADANG MENGIKUTI EXSPO INTERNATIONAL SMK SUMATERA BARAT

Karya seni terbesar yang telah dipertontonkan oleh para siswa-siswa SMK se Sumatera Barat pada tahun ini dengan dilakukannya Expo yang mengekpos seluruh kemampuan SMK se-Sumbar untuk me

10/08/2024 15:30 - Oleh Administrator Website - Dilihat 153 kali
Kegiatan Demostrasi penelitian Internasional "ENHACING INDONESIA'S DISASTER PREPAREDNESS THROUGH AN INNOVATIVE MULTI-RISK MANAGEMENT FRAMEWORK WITH ICT ECOSYSTEMS" "Oleh Universitas Bung Hatta berkolaborasi dengan University Warwick (Inggris)"

Kegiatan Demostrasi penelitian Internasional "ENHACING INDONESIA'S DISASTER PREPAREDNESS THROUGH AN INNOVATIVE MULTI-RISK MANAGEMENT FRAMEWORK WITH ICT ECOSYSTEMS" "Oleh Universitas Bun

31/07/2024 18:14 - Oleh Administrator Website - Dilihat 419 kali