• SMKN 1 PADANG
  • MEMBERI YANG TERBAIK MENJADI YANG TERBAIK

SMK NEGERI 1 PADANG MEMULAI ERA BARU SMK PUSAT KEUNGGULAN SKEMA PEMADANAN BARU

Sekolah menengah kejuruan (SMK) telah mengukir babak baru dalam sejarah pendidikan Indonesia dengan melakukan transformasi menyeluruh untuk menyongsong era industri 4.0 dan mewujudkan keberlanjutan dalam pembelajaran. 

SMK Negeri 1 Padang Memulai babak baru dalam peningkatan kualitas dengan disahkannya proposal SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan. Dalam beberapa pengajuan proposal SMK Negeri 1 Padang akhirnya mendapatkan hasil positif dari KEMENDIKBUD melalui Dirjen Vokasi dan Direktur PSMK Kemendikbud dengan skema pemadanan baru.

Dalam penyampaian kepala sekolah SK dan MOU SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Baru yang  dipresentasikan dan akhirnya di ACC oleh pihak Kementrian dan diserahkan  Langsung  kepada Kepala SMK Negeri 1 Padang Bapak Delfauzul, S.Pd., M.Pd beserta tim kerja SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan Baru bapak Mizra, S.T., M.Pd. Dalam skema ini DUDI yang  menjadi mitra SMK Negeri 1  Padang Khususnya Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) adah PT. Mobah

Salah satu bentuk transformasi pendidikan SMK diwujudkan dalam program SMK Pusat Keunggulan (PK) yang diluncurkan sejak tahun 2021. Program tersebut merupakan salah satu ikhtiar yang dilakukan oleh Direktorat SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan vokasi pada jenjang SMK. 

SMK PK ialah kegiatan yang mencakup proses mekanisme pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu melalui peningkatan kualitas dan kinerja yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja serta menjadi rujukan yang memiliki semangat pengimbasan serta pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. 

Menurut Direktur SMK, Wardani Sugiyanto, program SMK PK lebih menitikberatkan bagaimana penguatan pada kepemimpinan kepala sekolah, kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang arahnya ke keterserapan tamatan ke dunia kerja, melanjutkan studi, dan berwirausaha. Pada tahun 2024, pemerintah menargetkan jumlah SMK penerima program SMK PK sebanyak 2.172 SMK dengan jumlah siswa terdampak sebanyak 2,4 juta.

“Tujuan jangka panjangnya adalah SMK PK ini menjadi pengimbas bagi SMK yang lain di sekitarnya melalui kekuatan pada penyelarasan dengan DUDI terutama dalam implementasi Kurikulum Merdeka,” ucap Wardani

Dukungan pendanaan dan pelaksanaan pada program SMK PK 2024 dibagi menjadi dua skema, yakni Skema Reguler dengan dukungan pendanaan dari Kemendikbudristek dan Skema Pemadanan Dukungan (SPD) dengan pendanaan dari Kemendikbudristek dalam jumlah yang sama dengan nilai investasi DUDI.

Program SMK PK Skema Reguler ialah program yang menitik beratkan pada penguatan proses pembelajaran DUDI. Program SMK PK SPD menitikberatkan pada kolaborasi dari mitra dunia kerja yang bersama-sama mengembangkan SMK. "Dikutib dari website resmi KEMENDIKBUD RI"

HUMAS SMK NEGERI 1 PADANG

PUSAT INFORMASI DAN DOKUMENTASI

SMK PUSAT KEUNGGULAN

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMKN 1 PADANG MENGIKUTI EXSPO INTERNATIONAL SMK SUMATERA BARAT

Karya seni terbesar yang telah dipertontonkan oleh para siswa-siswa SMK se Sumatera Barat pada tahun ini dengan dilakukannya Expo yang mengekpos seluruh kemampuan SMK se-Sumbar untuk me

10/08/2024 15:30 - Oleh Administrator Website - Dilihat 154 kali
Kegiatan Demostrasi penelitian Internasional "ENHACING INDONESIA'S DISASTER PREPAREDNESS THROUGH AN INNOVATIVE MULTI-RISK MANAGEMENT FRAMEWORK WITH ICT ECOSYSTEMS" "Oleh Universitas Bung Hatta berkolaborasi dengan University Warwick (Inggris)"

Kegiatan Demostrasi penelitian Internasional "ENHACING INDONESIA'S DISASTER PREPAREDNESS THROUGH AN INNOVATIVE MULTI-RISK MANAGEMENT FRAMEWORK WITH ICT ECOSYSTEMS" "Oleh Universitas Bun

31/07/2024 18:14 - Oleh Administrator Website - Dilihat 420 kali