• SMKN 1 PADANG
  • MEMBERI YANG TERBAIK MENJADI YANG TERBAIK

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMK Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2024/2025

Tak terasa, setelah menjalani liburan, murid-murid baru SD, SMP, dan terutama SMK  akan segera masuk sekolah. Ketika masuk, kegiatan MPLS telah menanti dengan segudang rangkaiannya, termasuk salah satunya sesi materi.
Kepanjangan MPLS adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 18 Tahun 2016, MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program hingga pembinaan awal kultur sekolah.

Pada hari ini merupakan hari pertama atau pembukaan kegiatan MPLS SMK Negeri 1 Padang, Guru berkolaborasi dengan Siswa OSIS melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang menyenangkan tanpa pembulian. Selama kegiatan berlangsung, akan ada banyak sub acara yang akan diikuti murid-murid baru. Di antaranya adalah sesi penyampaian materi. Tujuan penyampaian materi ini adalah menyiapkan peserta didik baru untuk memasuki dunia pembelajaran.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) diperlukan dalam rangka penerimaan siswa baru di sekolah untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah kegiatan pertama masuk Sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Pelaksanaan MPLS bagi siswa baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi mereka.

Diantara tujuan MPLS adalah :

  • Mengenali potensi diri siswa baru.
  • Mengajarkan arti kebersamaan tanpa pembulian.
  • Melatih kerja sama dan kekompakan dalam lingkungan dan menghindari tawuran serta kenakalan remaja lainnya.
  • Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah.
  • Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru.
  • Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya.
  • Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong pada diri siswa.

 

Humas SMK Negeri 1 Padang

PUSAT INFORMASI dan DOKUMENTASI 

SMK PUSAT KEUNGGULAN

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
SMKN 1 PADANG MENGIKUTI EXSPO INTERNATIONAL SMK SUMATERA BARAT

Karya seni terbesar yang telah dipertontonkan oleh para siswa-siswa SMK se Sumatera Barat pada tahun ini dengan dilakukannya Expo yang mengekpos seluruh kemampuan SMK se-Sumbar untuk me

10/08/2024 15:30 - Oleh Administrator Website - Dilihat 154 kali
Kegiatan Demostrasi penelitian Internasional "ENHACING INDONESIA'S DISASTER PREPAREDNESS THROUGH AN INNOVATIVE MULTI-RISK MANAGEMENT FRAMEWORK WITH ICT ECOSYSTEMS" "Oleh Universitas Bung Hatta berkolaborasi dengan University Warwick (Inggris)"

Kegiatan Demostrasi penelitian Internasional "ENHACING INDONESIA'S DISASTER PREPAREDNESS THROUGH AN INNOVATIVE MULTI-RISK MANAGEMENT FRAMEWORK WITH ICT ECOSYSTEMS" "Oleh Universitas Bun

31/07/2024 18:14 - Oleh Administrator Website - Dilihat 420 kali