• SMKN 1 PADANG
  • MEMBERI YANG TERBAIK MENJADI YANG TERBAIK

KUNJUNGAN KEPALA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI KEPRI BERSAMA KEPALA SMK KOTA BATAM KE SMKN 1 PADANG

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Dr. Muhd Dali, M.M beserta kepala SMKN kota  Batam ke Sumatera Barat Tepatnya di SMKN 1 Padang dan SMKN 1 Sumbar. Kegiatan beberapa hari rombangan merupakan kunjungan kerja sama dibidang Pendidikan dengan Dinas Provinsi Sumatera Barat.

“Dalam kegiatan ini diharap dapat saling berbagi ilmu pengetahuan bertukar fikiran dan belajar dari Sumatera Barat dalam bidang dunia Pendidikan. Dari sekarang kita membenah diri, menambah ilmu, menambah wawasan dari kunjungan selama di Sumatera Barat terutama Padang sebagai kota Pendidikan   tersebut” himbau  Dr. Muhd Dali, M.M yang juga alumni Universitas Negeri Padang dalam sambutanya.

Kemudian Kadisdik Provinsi Kepulauan Riau beserta staf dan Kepala SMKN Kota Batam berkunjung ke SMKN 1 Padang dalam acara kunjungan kerja sekaligus pertemuan dengan ketua MKKS, Kepala SMA/SMK Sumatera Barat.

" SMKN di Batam bisa menjadi jembatan penghubung bagi siswa SMKN 1 Padang untuk melakukan Praktek Kerja Industri di Batam, karena batam merupakan pusat Industri banya tempat-tempat yang bisa menjadi pilihan dalam melakukan PKL bahkan siswa yang melaksanakan Prakerin mendapatkan uang transport dan saku dari perusahaan tempat siswa tersebut magang" kata kepala SMKN 5 Batam  

Kerjasama antara industri dengan dunia pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan hal yang penting terlebih saat ini sektor pendidikan memiliki pekerjaan rumah untuk meningkatkan penguasaan teknologi dan kompetensi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dunia industri. 

"Link and match antara sektor pendidikan dan industri merupakan hal yang harus terus ditingkatkan. Selain dapat mengatasi ketertinggalan dalam penguasaan teknologi, link and match ini dapat meningkatkan serapan tenaga kerja dari SMK oleh industri,” jelas Muhd Dali, KADISPEN PROV KEPRI ketika ditemui di sela-sela acara kunjungan, Senin (25/10). 

Upaya link and match ini sudah didorong oleh pemerintah melalui Inpres No. 9/2016 tentang Revitalisasi SMK. Melalui inpres ini, pemerintah mendorong agar sektor industri bekerjasama dengan SMK. Dengan demikian, para siswa SMK dapat meningkatkan kemampuan teknisnya dan diharapkan dapat terserap oleh industri. 

“Terdapat kurikulum berbasis industri yang dapat diintegrasikan dengan kurikulum yang sudah diterapkan di SMK. Apabila kurikulum berbasis industri ini diintegrasikan dengan praktik "

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Penyerahan Buku Hibah dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera Barat Kepada Pihak SMKN 1 Padang

Balai Bahasa Sumatra Barat menghibahkan buku untuk perpustakaan SMKN 1 Padang. Hibah buku tersebut juga sebagai upaya dalam mendukung program Sumatera Barat Menuju Kota Literasi. Hibah

27/01/2022 17:43 - Oleh Administrator Website - Dilihat 290 kali
UJIAN KOPETENSI LSP P1 SMKN 1 PADANG

Kegiatan ujian Kopetensi LSP P1 SMKN 1 Padang yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan kopetensi yang dimiliki lulusan SMKN 1 Padang. Peserta didik yang terlibat dalam uji kop

02/12/2021 18:08 - Oleh Administrator Website - Dilihat 428 kali