Sejarah Singkat

SMK Negeri 1 Padang adalah SMK pertama di Sumatera Barat yang didirikan tahun 1952 yang bernama Sekolah Teknologi Menengah (STM) Padang dengan Kepala Sekolah Bapak YOHAN ELANT, kampus pertama di SMA Negeri 1 Padang sekarang selama 6 bulan, dan di SMP 3 sekarang selama 18 bulan. Pada tahun 1954 STM Padang mendapat Kampus baru di Simpang Haru sekarang menjadi SMKN 2 Padang.

Bertambahnya jumlah penduduk usia sekolah dan berkembangnya teknologi serta besarnya animo masyarakat terhadap STM Padang, sementara daya tampung terbatas maka pada tahun 1975 STM Padang dikembangkan menjadi dua, STM Negeri 1 Padang di Simpang Haru dan STM Negeri 2 Padang di Andalas sekarang menjadi SMP 31 Padang.  STM Negeri 2 Padang pindah ke lokasi baru di Lolong Padang sekarang menjadi SMK Negeri 5 Padang.

STM Negeri 1 Padang terus berkembang, kemajuan dan prestasinya selalu bertambah, lokasi Simpang Haru perlu dikembangkan pada tahun 1980 dibangunlah gedung baru di  Jl. Mahmud Yunus Kampung Kelawi Kecamatan Kuranji Padang. Pemakaian gedung baru ini diresmikan oleh Bapak Dr. Daoed Yoesoef Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada hari Senin tanggal 8 Maret 1982. Sekarang bernama SMK Negeri 1 Padang.

Melihat kondisi kota Padang dan data pertumbuhan penduduknya selalu meningkat setiap tahunnya ± 2%, jumlah siswa  yang dapat belajar di SMKN 1 Padang sebanyak 45 kelas untuk 9 program keahlian, kondisi diatas SMKN 1 Padang perlu dikembangkan lagi. Maka pada tahun 2002 SMK Negeri 1 Padang membuka jurusan baru yaitu Teknik Perikanan dan Kelautan dengan Program Keahlian Nautika Perikanan Laut dan Teknika Perikanan Laut yang disiapkan untuk menjadi calon siswa SMK Negeri 10 Padang.

Tahun pembelajaran 2007/2008 Program Keahlian Nautika Perikanan Laut (NPL) dan Teknika Perikanan Laut (TPL) menempati lokasi baru SMKN 10 Padang, kampus SMK N 10 Padang yang terletak di Jalan Mega No. 5 Kelurahan Lubuk Buaya Kecamatan Koto Tangah Kota Padang